Memperbaiki WordPress Error Blank Page


Anda punya situs/blog yang menggunakan wordpress? WordPress adalah salah satu blog engine yang paling sering digunakan dan mumpuni, selain dari dukungan SEO yang benar2 mantap, juga kuat tentunya, dan saya adalah salah satu pengguna wordpress untuk blog saya , dimana sekarang menggunakan versi wordpress terbaru yaitu versi 4.0.4.

Nah pagi ini, saya sempat dibuat panik, kenapa? yah dikarenakan salah satu artikel yang paling terfavorit ternyata ngga bisa dibuka dengan sempurna alias tampilan nya kosong atau blank page!. sempat pusing juga nih, padahal kemarin sore pas membuat artikel yang lain masih bisa di akses!.

Bagi yang masih mengalami masalah pada blog wordpress yang menampilkan halaman kosong alias blank page, berikut tips untuk memperbaikinya:

    1. Periksa server hosting

Langkah pertama adalah memeriksa server hosting Anda dengan masuk ke administrasi server Anda (biasanya cpanel). Periksa apakah itu aktif atau tidak. Jika tidak kemudian hubungi admin server hosting Anda. Jika hidup maka masalah ini ada di blog Anda.

    1. Cek WP-ADMIN

Periksa folder wp-admin di ke http://www.situskita.com/wp-admin. Lihat apakah aktif dan tidak kosong. Jika tidak kosong, maka WordPress Anda tidak punya masalah. Anda dapat memeriksa theme Anda dan file di folder root. Jika kosong, maka ada banyak kemungkinan, tetapi sebagian besar masalah ada di plugin dan theme.

    1. Periksa index.html

Ya, periksa jika ada index.html kosong di folder root anda. Aku tahu itu aneh bagi Anda.

    1. Cek Error_log

Buka program klent ftp favorite anda kemudian download file error_log di blog anda, cobalah analisa lihat apakah ada kesalahan di blog kita, biasanya kesalahan dengan mudah ditemukan dengan melihat file log ini, apakah masalah ada di memory server atau kah hanya file yang tidak ditemukan, ambil perhatian yang lebih pada pesan kesalahan yang ada dan cobalah memperbaikinya.

    1. Coba tukar nama direktory plugin

Untuk mengetahui apakah terdapat kesalahan di plugin wp kita, coba rubah nama direktory pluginnya, dan kemudian buka wp-admin dan lihat apakah pluginnya masih ada, jika ada, kemungkinan pluginnya bermasalah, tugas selanjutnya pasti sudah tahu.

    1. Periksa semua plugin

Untuk memeriksa semua plugin, saya biasanya memindahkan semua plugin ke direktori temp. Dan memasangnya kembali satu persatu ke folder plugin, dan periksa wp-admin sampai kesalahan halaman kosong ada lagi. atau coba non aktifkan satu persatu plugin yang kira2 memang membuat masalah.

Seperti yang disarankan, jangan panik dulu, cobalah cari kesalahan yang timbul, periksa instalasi wp, theme, dan plugin, dan sekiranya masalah masih timbul, cobalah minta pertolongan dari admin hosting, pasti mereka dengan senang hati mau membantu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: